SETIYANI, IKA (2009) MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Kasus Pengelolaan Materi dan Penggunaan Metode Pembelajaran pada Kelompok B di TKIT Al Ausath Pabelan, Kartasura, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2008/2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000050020.pdf Download (172kB) |
|
PDF
G000050020.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) |
Abstract
Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran yang baik, tidak terlepas dari sebuah manajemen yang baik pula. Manajemen kurikulum merupakan upaya untuk mengurus, mengatur, dan mengelola perangkat mata pelajaran yang akan diajarkan pada lembaga pendidikan, sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam hal ini, dapat dilakukan dengan cara pemilihan materi pembelajaran yang bermutu dan juga penggunaan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan tahap perkembangan dari peserta didik itu sendiri. Pengelolaan materi merupakan kegiatan dalam mempersiapkan materi yang akan diajarkan di kelas. Pengelolaan materi di sini dimaksudkan untuk menetapkan materi pembelajaran dan juga menetapkan pedoman pelaksanaan pembelajaran. Materi yang baik akan mudah diterima peserta didik, manakala menggunakan metode yang baik pula. Metode pembelajaran dipilih dengan disesuaikan terhadap materi yang hendak disampaikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan materi yang ada di TKIT Al Ausath, dan bagaimana penggunaan metode pembelajaran yang ada di TKIT Al Ausath, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengelolaan materi dan penggunaan metode pembelajaran yang ada di TKIT Al Ausath. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan materi, penggunaan metode pembelajaran serta faktor pendukung dan penghambat dalam mengelola materi dan menggunakan metode pembelajaran yang ada di TKIT Al Ausath. Jenis penelitian ini adalah field research yang bertempat di TKIT Al Ausath, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah manajemen kurikulum PAUD dengan sumber data kepala sekolah, kepala bidang kurikulum, dan ustadzah wali kelas B di TKIT Al Ausath. Data dalam penelitian ini didapat dari hasil dokumentasi, observasi dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pengelolaan materi di TKIT Al Ausath dilakukan dengan cara pembuatan buku pedoman kurikulum yang dijabarkan dalam bentuk Satuan Kegiatan Harian (SKH) dan Satuan Kegiatan Pekanan (SKP) sebagai pedoman ustadzah dalam mengajar. Dalam pelaksanaan pembelajaran juga dibuat pedoman agar pembelajaran berjalan dengan terarah. Metode pembelajaran yang digunakan di TKIT Al Ausath adalah metode pemberian tugas, metode proyek, metode demonstrasi, metode bercerita, dan metode bercakap-cakap. Faktor pendukung yang dimiliki TKIT Al Ausath dalam pelaksanaan pembelajaran meliputi ma’had tarbiyah mudarrisah islamiyah yang digunakan untuk pendidikan bagi calon ustadzah dalam membekali ilmu tentang kependidikan, asrama ustadzah yang berada di lingkungan sekolah, serta sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ketika ustadzah yang sudah menikah, biasanya akan keluar dan mengikuti suaminya sehingga terkadang tidak ada yang menggantikan tugasnya dalam mengajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum, pengelolaan materi, metode pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jun 2009 07:50 |
Last Modified: | 03 Jan 2012 10:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3214 |
Actions (login required)
View Item |