Cahyaningrum, Nurul Istiqomah (2009) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KUALITAS JASA SISTEM INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER (Survei Pada Perusahaan Manufaktur di Kabupaten Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
B200050211.pdf Download (62kB) |
|
PDF
B200050211.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) |
Abstract
Seiring dengan gerak lajunya pembangunan, organisasi-organisasi publik maupun swasta semakin banyak yang memanfaatkan teknologi informasi guna menunjang efektivitas, produktifitas dan efisiensi. Semakin pentingnya teknologi informasi bagi keberhasilan organisasi secara keseluruhan memperluas peran fungsi sistem informasi (SI). Suatu departemen sistem informasi yang sukses harus mampu memberikan keuntungan bagi para pengguna jasa melalui aktivitas-aktivitas (pelayanan) yang dilakukannya dan mampu membantu organisasi mencapai tujuannya. Oleh karena itu kualitas jasa sistem informasi yang dirasakan pemakai akan mempengaruhi kepuasan pemakai sistem informasi berbasis komputer. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti tentang pengaruh antara: Kualitas jasa sistem informasi ditinjau dari dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan pemakai sistem informasi berbasis komputer. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang berlokasi di Kabupaten Sukoharjo yang sudah memanfaatkan sistem informasi berbasis komputer dan terdaftar di Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Kabupaten Sukoharjo, dengan menggunakan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Dengan menggunakan analisa statistik dengan bantuan SPSS 12.0, hasil uji hipotesis pertama (uji t) menunjukkan bahwa variabel kualitas jasa sistem informasi yang ditinjau dari dimensi tangible(3,383), reliability (2,480), responsivenes (2,485), assurance (4,062), dan empathy (7,881) lebih besar dari t-tabel yaitu 2,021 maka Ho ditolak dengan signifikansi <0,05 dan terdukung secara statistik. Hal ini berarti terdapat pengaruh kualitas jasa sistem informasi ditinjau dari dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy terhadap kepuasan pemakai sistem informasi berbasis komputer.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Jasa, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Kepuasan Pemakai, Perilaku Pemakai |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Maria Husnun Nisa |
Date Deposited: | 26 Jun 2009 07:52 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 01:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3213 |
Actions (login required)
View Item |