Motivasi Orang Tua Menyekolahkan Anaknya Di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

Baehaqi, Mohamad Iqbal and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. and , Drs. Saifuddin Zuhri, M.Ag. (2014) Motivasi Orang Tua Menyekolahkan Anaknya Di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Laweyan Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
3. BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] PDF (Bab II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] PDF (Bab III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] PDF (Bab V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (Bab VI)
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
9r. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
9rrr. naskah publikasi.pdf

Download (473kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan atas keingintahuan penulis tentang SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Laweyan Surakarta, yang mana sekolah tersebut termasuk sekolah yang baru berdiri selama 6 tahun sehingga belum pernah meluluskan peserta didik, selain itu sekolah tersebut juga berbeda dengan sekolah pada umumnya yaitu sekolah berkonsep Alam, meskipun demikian antusiasme masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Laweyan Surakarta cukup tinggi. Hal ini terlihat dengan peningkatan jumlah siswa yang masuk ke sekolah tersebut setiap tahunnya.Dalam penelitian ini, masalah yang dikaji adalah motivasi orang tua menyekolahkan anaknya di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Laweyan Surakarta. Berdasarkan hal itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi orang tua menyekolahkan anaknya di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Laweyan Surakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah dengan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan cara berfikir induktif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan : 1) Motivasi orang tua yang menyekolahkan anaknya ke SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Laweyan Surakarta terbagi menjadi motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik adalah motivasi yang timbul dari dalam diri seseorang yang tidak memerlukan rangsangan dari luar. Motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang timbul karena adanya rangsangan dan dorongan dari luar individu. 2) Motivasi intrinsik orang tua menyekolahkan anaknya ke SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Laweyan Surakarta yaitu keinginan agar anak menjadi sholeh dan sholehah, keinginan agar anak menguasai ilmu umum dan ilmu agama, keinginan agar anak menjadi anak yang mandiri, berani dan bertanggung jawab, keinginan agar anak aman, nyaman dan senang dalam belajar. 3) Motivasi ekstrinsik orang tua menyekolahkan anaknya ke SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Laweyan Surakarta yaitu karena sekolah di bawah naungan Muhammadiyah, karena kurikulum sekolah alam, dan karena letak sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Orang Tua, Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 25 Feb 2015 07:26
Last Modified: 19 Oct 2021 14:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32070

Actions (login required)

View Item View Item