Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Melalui Penerapan Pembelajaran Koorperatif Model Make A Match Pada Siswa Kelas 4 SDN 3 Sambirejo Kecamatan Wirosari Tahun Ajaran 2013 / 2014

Sunardi, Sunardi and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2014) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Melalui Penerapan Pembelajaran Koorperatif Model Make A Match Pada Siswa Kelas 4 SDN 3 Sambirejo Kecamatan Wirosari Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (400kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (656kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar PKn siswa kelas IV menggunakan strategi pembelajaran make a match .Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Sambirejo yang jumlah 24 siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana.Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara, kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penggunaan pembelajaran make a macth dapat meningkatan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 3 Sambirejo. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa motivasi belajar PKn siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat dalam indikator peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 57,5% dan pada siklus II mencapai 80% dan kinerja guru meningkat dari siklus I 56,25% dan siklus II 79,16%. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran make a macth mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Sambirejo tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi; belajar; strategi make a macth
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Feb 2015 02:29
Last Modified: 15 Oct 2021 02:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32035

Actions (login required)

View Item View Item