Fatoni, Ahmad and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag. and , Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag. (2014) Nilai-nilai pendidikan islam dalam film serdadu kumbang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03 HALAMAN DEPAN.pdf Download (733kB) |
|
PDF (Bab I)
04 BAB I.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Bab II)
05 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
|
PDF (Bab III)
06 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
PDF (Bab IV)
07 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
PDF (Bab V)
08 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
PDF (Bab VI)
09 BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
11 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (943kB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02 NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (472kB) |
Abstract
Nilai pendidikan tidak hanya bisa didapat melalui media cetak, kajian-kajian, maupun di Sekolah, tetapi juga bisa diperoleh lewat film. Film serdadu kumbang tidak sekedar mengikuti selera pasaran, mengikuti perintah produser atau sekedar ikut-ikutan trend. Di dalam film ini memuat nilai-nilai pendidikan Islam yang sangat dibutuhkan masyarakat saat ini, untuk menjadi sarana mendekatkan diri kepada Allah Swt. Film serdadu kumbang adalah sebuah film yang didalamnya memuat nilai pendidikan Islam. Yakni nilai-nilai yang bersumber dari Al-Qur’an terdiri dari tiga pilar utama, yaitu nilai pendidikan i’tiqadiyyah yang berkaitan nilai pendidikan keimanan atau aqidah, nilai pendidikan khuluqiyyah , yang berkaitan dengan nilai pendidikan akhlak, dan nilai pendidikan amaliyah , yang berkaitan dengan nilai pendidikan ibadah. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film serdadu Kumbang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan atau library research, yaitu penelitian yang dilakukan di ruang perpustakaan untuk menghimpun dan menganalisis data yang bersumber dari perpustakaan, baik berupa buku-buku, kisah-kisah sejarah, dokumen-dokumen dan materi perpustakaan lainnya yang dapat dijadikan sumber rujukan untuk menyusun suatu laporan ilmiah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode Content Analysis yaitu pada prinsipnya memakai teknik memaknai teks. Content Analysis melihat data atau te ks dan melihat teks secara lebih cermat, sehingga dapat menghasilkan kesimpulan yang berbeda dibadingkan kalau teks tersebut secara sekilas dan casual. Adapun kesimpulan berdasarakan analisis penelitian adalah nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film Serdadu Kumbang terdiri dari tiga pilar yaitu, Nilai pendidikan aqidah mengajarkan manusia untuk meyakini adanya Allah yang Maha Esa dan Maha Kuasa sebagai Pencipta alam semesta, yang akan senantiasa mengawasi dan memperhitungkan segala perbuatan manusia di dunia. Nilai Pendidikan Ibadah, yakni ibadah mahdloh dan ibadah ghoiru mahdloh. Ibadah mahdloh adalah ibadah yang telah ditentukan oleh Allah bentuk, kadar,atau waktunya seperti halnya shalat, zakat, puasa, dan haji. Sedangkan ibadah ghoiru mahdloh adalah sebaliknya, kurang lebihnya yaitu segala bentuk aktifitas manusia yang diniatkan untuk memperoleh ridla dari Allah. Nilai pendidikan Akhlak, menurut ajaran Islam yang harus di tanamkan kepada setiap individu, mencakup: akhlak kepada Allah, akhlak kepada rosul, akhlak kepada diri sendiri,akhlak kepada keluarga, akhlak kepada keluarga, akhlak kepada masyarakat, dan akhlak kepada alam.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai, Pendidikan Islam, Film Serdadu Kumbang |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 23 Feb 2015 09:50 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32030 |
Actions (login required)
View Item |