Peran panti asuhan yatim cabang muhammadiyah juwiring klaten dalam membentuk kemandirian anak asuh tahun 2014

Susilowati, Emy and , Drs. Najmuddin Zuhdi, M.Ag. (2014) Peran panti asuhan yatim cabang muhammadiyah juwiring klaten dalam membentuk kemandirian anak asuh tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (848kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Panti Asuhan Yatim Cabang Muhammadiyah dan faktor-faktor pendukung serta penghambat dalam membentuk kemandirian anak asuh. Metode penelitian ini menggunakan metode penulisan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif, dengan penarikan kesimpulan yaitu metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa bentuk peran Panti Asuhan Yatim Cabang Muhammadiyah Juwiring Klaten dalam membentuk kemandirian anak asuh berupa upaya penyelenggaraan pendidikan formal, nonformal, maupun informal. Bentuk dari pendidikan formal yaitu dengan memberikan pendidikan yang layak bagi anak asuh melalui memasukkan mereka ke berbagai sekolah. Adapun bentuk pendidikan nonformal berupa penyelenggaraan pembinaan keterampilan yang meliputi pembinaan memasak, pelatihan kerja, dan kewirausahaan. Sedangkan bentuk pendidikan informal berupa pembinaan shalat farḍu berjamā‘ah, tahajud, kajian keislaman, taḥsīn, hafalan al-Qur’an, murāja‘ah , serta pengadaan piket. Adapun faktor pendukung dalam pembentukan kemandirian anak asuh antara lain antara lain (1) tersedianya asrama atau tempat, (2) adanya pengasuh dan anak asuh, (3) tersedianya dana yang memadai, (4) adanya sarana yang menunjang, (5) pola makan yang teratur dan bergizi. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain (1) setiap anak mempunyai karakter dan latar belakang yang berbeda, (2) lingkungan luar dan sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Panti Asuhan, Kemandirian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 23 Feb 2015 09:31
Last Modified: 19 Oct 2021 13:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32029

Actions (login required)

View Item View Item