Peranan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas ii di madrasah aliyah mu’allimin muhammadiyah surakarta tahun pelajaran 2014/2015

Sadiyah, Halimah and , Drs. Saifuddin Zuhri, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. (2014) Peranan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas ii di madrasah aliyah mu’allimin muhammadiyah surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (535kB)

Abstract

Kualitas pendidikan salah satunya dipengaruhi oleh guru, guru merupakan figur manusia yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam hal mengajar, mendidik dan membimbing upaya menciptakan manusia yang memiliki bobot pengetahuan, keterampilan dan sikap yang menjadi bekal hidupnya kelak. Dengan demikian guru harus memiliki dan menguasai kompetensi. Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial memiliki arti penting bagi guru, sekolah dan siswa. Bertugas mengembangkan kepribadian, karakter dan mampu berinteraksi sosial dengan baik. Tujuannya membentuk siswa yang ber pengetahuan, beriman, bertakwa, beribadah, beramal shaleh dan berakhlak mulia. Rumusan masalah dalam penelitian ini, Peranan serta hasil kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas II di Madrasah Aliyah Mu’allimin Muhammadiyah Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan serta hasil kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas II di Madrasah Aliyah Mu’allimin Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pendidik dan calon pendidik untuk lebih memiliki, menguasai dan menerapkan kompetensi tersebut. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dengan mencatat, menggumpulkan dan berfikir. Sumber data primer dan sekunder yang meliputi sejarah serta latar belakang, struktur organisasi dan keadaan siswa di Madrasah Aliyah Mu’allimin Muhammadiyah Surakarta. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru akidah akhlak dan siswa/siswi kelas II yang ada di Madrasah Aliyah Mu’allimin Muhammadiyah Surakarta. Hasil dari penelitian Peran kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas II di Madrasah Aliyah Mu’allimin Muhammadiyah Surakarta adalah guru memberi rasa tanggung jawab, membantu siswa, pribadi yang jujur, serta dapat berkomunikasi dengan baik kepada kepala sekolah, guru karyawan, siswa dan masyarakat. Hasil dari kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap akhlah siswa kelas II di Madrasah Aliyah Mu’allimin Muhammadiyah Surakarta adalah: siswa mencontoh prilaku guru yang baik, menghormati guru, saling menghargai, memiliki akhlakul karimah, meningkatnya kesadaran diri, dan berprilakiu positif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Kepribadian, Sosial, dan Akhla
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 23 Feb 2015 09:20
Last Modified: 19 Oct 2021 13:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32028

Actions (login required)

View Item View Item