Sadiyah, Halimah and , Drs. Saifuddin Zuhri, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. (2014) Peranan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas ii di madrasah aliyah mu’allimin muhammadiyah surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (229kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
|
PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (535kB) |
Abstract
Kualitas pendidikan salah satunya dipengaruhi oleh guru, guru merupakan figur manusia yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam hal mengajar, mendidik dan membimbing upaya menciptakan manusia yang memiliki bobot pengetahuan, keterampilan dan sikap yang menjadi bekal hidupnya kelak. Dengan demikian guru harus memiliki dan menguasai kompetensi. Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial memiliki arti penting bagi guru, sekolah dan siswa. Bertugas mengembangkan kepribadian, karakter dan mampu berinteraksi sosial dengan baik. Tujuannya membentuk siswa yang ber pengetahuan, beriman, bertakwa, beribadah, beramal shaleh dan berakhlak mulia. Rumusan masalah dalam penelitian ini, Peranan serta hasil kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas II di Madrasah Aliyah Mu’allimin Muhammadiyah Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan serta hasil kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas II di Madrasah Aliyah Mu’allimin Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pendidik dan calon pendidik untuk lebih memiliki, menguasai dan menerapkan kompetensi tersebut. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dengan mencatat, menggumpulkan dan berfikir. Sumber data primer dan sekunder yang meliputi sejarah serta latar belakang, struktur organisasi dan keadaan siswa di Madrasah Aliyah Mu’allimin Muhammadiyah Surakarta. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru akidah akhlak dan siswa/siswi kelas II yang ada di Madrasah Aliyah Mu’allimin Muhammadiyah Surakarta. Hasil dari penelitian Peran kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas II di Madrasah Aliyah Mu’allimin Muhammadiyah Surakarta adalah guru memberi rasa tanggung jawab, membantu siswa, pribadi yang jujur, serta dapat berkomunikasi dengan baik kepada kepala sekolah, guru karyawan, siswa dan masyarakat. Hasil dari kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap akhlah siswa kelas II di Madrasah Aliyah Mu’allimin Muhammadiyah Surakarta adalah: siswa mencontoh prilaku guru yang baik, menghormati guru, saling menghargai, memiliki akhlakul karimah, meningkatnya kesadaran diri, dan berprilakiu positif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Kepribadian, Sosial, dan Akhla |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 23 Feb 2015 09:20 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32028 |
Actions (login required)
View Item |