Sudibyo, Bambang and , Drs. Saring Marsudi, SH, M.Pd (2014) Meningkatan Minat Belajar IPA Semester I Melalui Strategi Kontekstual Pada Siswa Kelas III SDN Tegalharjo 02 Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (435kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui strategi Kontekstual. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas III dan guru SDN Tegalharjo 02 pada tanggal 29 September 2014. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan dua kali pertemuan. Subyeknya Siswa kelas III SDN Tegalharjo 02 yang berjumlah 15 siswa dan obyeknya adalah minat belajar siswa serta strategi kontekstual. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan bahan ajar. Indikator minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA adalah sebagai berikut:(1) perasaan senang; (2) ketertarikan siswa; (3) perhatian siswa; dan (4) keterlibatan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan minat belajar siswa kelas III SDN Tegalharjo 02 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi kontekstual. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap , siklus I dan siklus II. Pada tahap siklus I pertemuan I diketahui minat belajar siswa rendah dengan presentase 64%. Pada siklus I pertemuan II terdapat minat belajar siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase minat belajar siswa 67% . Pada siklus II pertemuan I minat belajar siswa sangat baik dengan presentase 71,8%. Pada siklus II pertemuan II minat belajar siswa sangat baik dengan presentase 86,1%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan minat belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran kontekstual.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, minat belajar IPA, strategi kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4404 not found. |
Date Deposited: | 16 Feb 2015 06:13 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 02:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31885 |
Actions (login required)
View Item |