Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Melalui Strategi STAD Pada Siswa Kelas III SDN KAYEN 01 Pati Tahun Pelajaran 2014/2015

Husada, Cahaya and , Drs. Mulyadi, Sk, M.Pd (2014) Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Melalui Strategi STAD Pada Siswa Kelas III SDN KAYEN 01 Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (190kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HAL DEPAN.pdf

Download (989kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa kelas III SD Negeri KAYEN 01 Pati tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada siswa kelas III SD Negeri KAYEN 01 Pati yang berjumlah 23 siswa. Metode atau teknik pengumpulan data kualitatif diambil melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan datayang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman belajar yang dicapai siswa juga untuk memperoleh respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan ada peingkatan aktivitas belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai hasil tes yang diberikan pada siklus I pertemuan I Aktivitas belajar IPA siswa kelas III di atas menunjukkan hasil prosentase mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat 57%, kerjasama dengan kelompok 57%, fokus dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru 57%, dan memberi kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok 61%. Sedangkan nilai siswa yang di bawah KKM adalah 37,5% yang terdiri dari 6 siswa , sedangkan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM 62,5% yang terdiri dari 10 siswa. Sedangkan aspek aktifitas belajar IPA siklus II pertemuan IV didapat hasil: mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat 91%, kerjasama dengan kelompok 83%, fokus dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru 83%, dan memberi kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok 83%. Dengan kata lain, nilai siswa yang di bawah KKM adalah 6,25% yang terdiri dari 1 siswa, sedangkan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM 93,75% yang terdiri dari 22 siswa. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, strategi STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2015 06:13
Last Modified: 15 Oct 2021 02:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31883

Actions (login required)

View Item View Item