Peningkatan Partisipasi Belajar IPS Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard Pada Kelas IV SD Negeri 1 Bulurejo Tahun 2013/2014

Pramardika, Rifan and , Drs. Mulyadi, S.K., M.Pd. (2014) Peningkatan Partisipasi Belajar IPS Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard Pada Kelas IV SD Negeri 1 Bulurejo Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (555kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (475kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan partisipasi belajar IPS melalui penggunaan media flashcard pada kelas IV SD Negeri 1 Bulurejo tahun 2013/2014. Jenis Penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdiri 3 siklus, setiap siklus 1 pertemuan. Ada 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek siswa kelas IV SD Negeri 1 Bulurejo, Juwiring, Klaten yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen dalam pengumpulan data yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan partisipasi belajar IPS melalui penggunaan media pembelajaran flashcard. Hal ini dapat dilihat dari: 1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 44% dan setelah tindakan mencapai 94%, 2) memberi tanggapan sebelum tindakan 38% dan setelah tindakan mencapai 90%, 3) membuat kesimpulan sebelum tindakan 41% dan setelah tindakan mencapai 91%, 4) menjawab pertanyaan sebelum tindakan 51% dan setelah tindakan mencapai 99%. Kesimpulan penelitian ini adanya peningkatan partisipasi belajar IPS melalui penggunaan media pembelajaran flashcard pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Bulurejo tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Belajar, Media Pembelajaran Flashcard
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Feb 2015 03:11
Last Modified: 17 Oct 2021 06:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31876

Actions (login required)

View Item View Item