Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Dakon Di Kelompok B TK Mojorejo 1 Kec. Karangmalang Kab. Sragen Tahun 2014/2015

MISINAH, MISINAH and , Dra. Surtikanti, SH, M.Pd (2014) Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Dakon Di Kelompok B TK Mojorejo 1 Kec. Karangmalang Kab. Sragen Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (681kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (501kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui media berbasis alam. Jenis penelitiaan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat rangkaian kegiatan yang dilakukan setiap siklus yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan Refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa data kemampuan kognitif anak melalui media berbasis alam dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak Kelompok B TK Pertiwi Kroyo II Karangmalang, Sragen, yang berjumlah 20 anak. Teknik analisis data menggunakan teknik komparatif yaitu membandingkan rata-rata kemampuan anak dengan indikator yang ditargetkan setiap siklusnya. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak melalui media berbasis alam. Kemampuan kognitif anak pada pra-siklus mencapai 47 % , siklus I meningkat menjadi 71 % , dan siklus II menjadi 87 % . Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran yang bervariasi dalam pengembangan Berhitung Permulaan sangatlah penting bagi anak TK Pertiwi Kroyo II Karangmalang, Sragen..

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, media berbasis alam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2015 07:44
Last Modified: 20 Oct 2021 23:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31870

Actions (login required)

View Item View Item