Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok A TK Indriyasana Kroyo Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015

Purwanti, Imelda Sugeng and , Dr. Sumardi, M.Si. (2014) Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok A TK Indriyasana Kroyo Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
00 depan.pdf

Download (350kB)
[img] PDF (Bab I)
01 BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] PDF (Bab II)
02 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab III)
03 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] PDF (Bab IV)
04 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab V)
05 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
06 PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Lampiran)
07 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemandirian anak melalui Metode Bermain Peran pada anak kelompok A TK indriyasana Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen tahun 2014/2015. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelasyang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak dengan jumlat 18 anak, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan sebagai penerima tindakan dan guru sebagai pemberi tindakan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian adalah tentang kemandirian dan data mengenai pembelajaran bermain peran. Kedua data tersebut dikumpulkan melalui observasi. Teknik analisis data kemandirian menggunakan analisis komparatif. Analisis data pembelajara bermain peran menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian anak melalui metode bermain peran. Hasil ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil kemandirian anak sebelum tindakan 49,13% atau rata-rata anak belum berkembang, pada siklus I 71,35 atau rata-rata anak berkembang sesuai harapan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bermain peran dapat meningkatkan kemandirian anak pada kelompok A. TK Indriyasana, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, bermain peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Feb 2015 04:47
Last Modified: 20 Oct 2021 06:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31850

Actions (login required)

View Item View Item