Improving Minat Baca Siswa Melalui Kegiatan Mendongeng Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 4 Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2013/ 2014

Perbawani, Mayrina Andika and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2014) Improving Minat Baca Siswa Melalui Kegiatan Mendongeng Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 4 Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (813kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (173kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan minat baca siswa melalui kegiatan mendongeng pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 4 Karangrayung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Karangrayung yang berjumlah 41 siswa. Data hasil minat baca siswa diambil dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik validasi dialogis. Analisis data dari penelitian adalah dengan cara analisis interaktif yaitu cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat baca siswa. Sebelum tindakan didapat hasil berdasarkan wawancara minat baca siswa masih rendah, pada siklus I sampai siklus II didapati peningkatan hasil berdasarkan indikator minat baca yaitu 55,00% menjadi 77,50% (keaktifan), 78% menjadi 100% (perhatian), 57,50% menjadi 77,50% (kerjasama), 65% menjadi 88% (tanggung jawab). Sehingga dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan mendongeng dapat meningkatkan minta baca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 4 Karangrayung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca, Mendongeng, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Feb 2015 08:42
Last Modified: 17 Oct 2021 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31837

Actions (login required)

View Item View Item