Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Geometri Pada Kelompok A Semester I TK Tunas Harapan Tangkil Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015

Surami, Surami and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd. AUD (2014) Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Geometri Pada Kelompok A Semester I TK Tunas Harapan Tangkil Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Halaman_Depan.pdf

Download (705kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Lampiran )
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui bermain geometri di TK Tunas Harapan Tangkil Sragen tahun pelajaran 2014/2015. Subjek pelaksanaan tindakan ini adalah guru dan anak Kelompok A di TK Tunas Harapan Tangkil Sragen, yang berjumlah 20 anak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakna dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil presentase pencapaian setiap anak dengan presentase keberhasilan yang telah ditentukan peneliti pada setiap siklusnya dan analisis interaktif yaitu analisis data dimulai dari awal sampai berakhirnya pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak melalui bermain geometri. Kemampuan kognitif anak pada prasiklus mencapai 15%, siklus pertama meningkat menjadi 75% dan siklus dua menjadi 90%. Selain itu dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan kemampuan kognitif melalui bermain geometri. Dengan demikian dapat terbukti bahwa penerapan bermain geometri dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok A di TK Tunas Harapan Tangkil Sragen tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kognitif, bermain geometri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 05 Feb 2015 14:25
Last Modified: 15 Oct 2021 03:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31835

Actions (login required)

View Item View Item