Peningkatan Minat Belajar IPA Melalui Metode Concept Mapping Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Putatnganten Tahun Pelajaran 2013/2014

Muhaimin, Akhmad and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2014) Peningkatan Minat Belajar IPA Melalui Metode Concept Mapping Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Putatnganten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (792kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
halaman_depan.pdf

Download (380kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
bab_1.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II )
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab III )
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF (Bab IV )
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] PDF (Bab V )
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
daftar_pustaka.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Lampiran )
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar IPA siswa dengan penerapan metode concept mapping pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Putatnganten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh akan analisis dalam bentuk kata atau penjelasan dan dalam bentuk angka yaitu data deskriptif kualitatif. Metode concept mapping yang dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Sumber data diperoleh melalui teknik observasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriftif kualitatif yaitu membandingkan hasil prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil minat belajar IPA siswa pada pra siklus siswa yang menyukai pelajaran IPA berjumlah 14 siswa atau dengan persentase hanya 30%. Setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan menerapkan metode concept mapping pada siklus 1 siswa yang berminat pada pelajaran IPA berjumlah 29 siswa dengan presentase 63%. Meningkat lagi pada siklus 2 siswa menyukai pelajaran IPA berjumlah 42 siswa dengan presentase 91%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar siswa, IPA, metode concept mapping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 05 Feb 2015 13:41
Last Modified: 15 Oct 2021 01:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31830

Actions (login required)

View Item View Item