Nilasari, Veronika Fifiana and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2014) Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (267kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (381kB) |
|
|
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Bab II )
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab III )
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
||
PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
||
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Download (233kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran TPS (Think Pair Share) pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru sejawat yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Sugihmanik yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yaitu: metode TPS dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Dibuktikan dengan hasil observasi data rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat. Dari hasil pembelajaran siklus I keaktifan belajar siswa sebesar 72,94%, sedangkan pada siklus II keaktifan belajar siswa menjadi 87,12%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode TPS dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan belajar IPA, metode TPS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 12:37 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 01:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31826 |
Actions (login required)
View Item |