Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan 2013/2014

Nilasari, Veronika Fifiana and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2014) Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (381kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf

Download (233kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran TPS (Think Pair Share) pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru sejawat yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Sugihmanik yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian yaitu: metode TPS dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Dibuktikan dengan hasil observasi data rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat. Dari hasil pembelajaran siklus I keaktifan belajar siswa sebesar 72,94%, sedangkan pada siklus II keaktifan belajar siswa menjadi 87,12%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode TPS dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan belajar IPA, metode TPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 05 Feb 2015 12:37
Last Modified: 15 Oct 2021 01:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31826

Actions (login required)

View Item View Item