Manajemen Kelas Di SD Negeri Gumpang 1 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun 2014/2015

Nourita, Afifah and , Dr. Samino, M.M. (2014) Manajemen Kelas Di SD Negeri Gumpang 1 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (369kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, masalah yang timbul, dan upaya pemecahan masalah dalam manajemen kelas di SD Negeri Gumpang 1 Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I, II, IV, dan V, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan teknik triangulasi berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dalam melakukan analisis data, penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan model analisis interaktif. Berdasarkan data yang terkumpul, kemudian dideskripsikan dan dianalisis. Penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa perencanaan manajemen kelas meliputi mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, dan kondisi fisik kelas. Masalah yang timbul dalam manajemen kelas yaitu masalah individu, masalah kelompok, serta buku guru dan buku siswa dari pemerintah yang terlambat datang. Upaya pemecahan masalah dalam manajemen kelas dengan menggunakan tindakan preventif dan korektif, seperti guru selalu menasihati dan menegur siswa. Peran guru dalam upaya pemecahan masalah manajemen kelas, meliputi mencegah perilaku siswa yang kurang baik dengan memberikan sanksi, melakukan pengawasan kelompok agar terjalin hubungan yang harmonis, dan mencari referensi atau sumber dari internet dan Kelompok Kerja Guru (KKG) dengan menyediakan buku siswa yang diunduh dari internet maupun menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Feb 2015 10:42
Last Modified: 17 Oct 2021 06:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31804

Actions (login required)

View Item View Item