Dewi, Nita Puspita and , Taufik, M.Si, Ph.D (2014) Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online Dengan Interaksi Sosial Pada Remaja. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf Download (490kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_1.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustka)
daftar_pustaka.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (293kB) |
Abstract
Interaksi sosial bagi remaja merupakan hal yang sangat penting dalam proses penyesuaian diri remaja, agar bisa berkembang menjadi individu dengan pribadi yang sehat, namun banyak remaja yang kurang peduli dengan lingkungan sosial, tidak empati, egois dan apatis. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya yaitu ebiasaan bermain game. Kebiasaan bermain game membuat individu akan terasing dari lingkungannya. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Hubungan antara intensitas permain game online dengan interaksi sosial pada remaja; 2) Sumbangan intensitas bermain game online terhadap interaksi sosial; 3) Tingkat intensitas bermain game online dan tingkat interaksi sosial pada remaja. Hipotesis yang diajukan: Ada hubungan negatif antara intensitas bermain game online dengan interaksi sosial. Subjek penelitian ini yaitu remaja penggemar game online dengan karaketistik antara lain, subjek berusia antara 15 sampai 22 tahun, sering bermain di game centre Aurora. Jumlah subjek penelitian sebanyak 45 orang. Alat pengumpulan data menggunakan skala intensitas bermain game online dan skala interaksi sosial. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,519; p = 0,000 (p < 0,01) artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara intensitas bermain game online dengan interaksi sosial. Sumbangan efektif intensitas bermain game online terhadap interaksi sosial sebesar 27%. Berdasarkan pengkategorian diketahui intensitas bermain game online memiliki rerata empirik (RE) sebesar 69,60 dan rerata hipotetik (RH) 67,5 berarti intensitas bermain game online subjek penelitian tergolong sedang. Variabel interaksi sosial mempunyai rerata empirik (RE) 62,63 dan rerata hipotetik (RH) 65 berarti interaksi sosial pada subjek penelitian tergolong sedang. Kesimpulan penelitian adalah ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara intensitas bermain game online dengan interaksi sosial. Semakin tinggi intensitas bermain game online maka akan semakin rendah interaksi sosial,sebaliknya semakin rendah intensitas bermain game online maka akan semakin tinggi interaksi sosial
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intensitas bermain game online, interaksi sosial. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Users 1508 not found. |
Date Deposited: | 03 Feb 2015 12:59 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31789 |
Actions (login required)
View Item |