Peningkatan Ketrampilan Membaca Dengan Menggunakan Jendela Kata Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 2 Genting Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014

Narulita, Septiana Indah and , Drs. Mulyadi S. K., SH.,M.Pd (2014) Peningkatan Ketrampilan Membaca Dengan Menggunakan Jendela Kata Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 2 Genting Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depam)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Membaca merupakan suatu keterampilan berbahasa yang memerlukan pemahaman tentang isi suatu bacaan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca dengan menggunakan media pembelajaran Jendela Kata pada kelas III SD Negeri 2 Genting Tahun Ajaran 2013 / 2014. Proses pembelajaran terjadi melalui dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua kegiatan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Metode analisis data pada penelitian ini reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran pada siklus I yang terdiri dari 3 tindakan, yakni pemberian contoh membaca, menuliskan hal-hal yang perlu dilakukan saat membaca, dan praktik membaca. Masing-masing tindakan terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, tindakan, observasi, serta evaluasi dan refleksi. Berdasarkan hasil tidakan pada siklus 1, nilai keterampilan membaca siswa meliputi 4 siswa mendapat nilai 65-69, ada 2 siswa yang mendapat nilai 60-64, siswa yang mendapat nilai 55-58 ada 3 siswa, dan 5 siswa mendapat nilai 50-54, serta 1 siswa mendapat nilai 48. Perolehan nilai tersebut menunjukkan keberhasilan tindakan pada siklus 1 sebesar 60,02%. Nilai yang diperoleh siswa berdasarkan tahap ini adalah 9 siswa memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal 70 (70-80), 5 siswa mendapat nilai di atas 65 (65-60), dan 1 siswa mendapat nilai 55. Berdasarkan hasil tindakan pada siklus 2, keberhasilan proses pembelajaran menggunakan jendela kata 75%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemamampuan membaca dan media jendela kata
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Feb 2015 10:03
Last Modified: 17 Oct 2021 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31783

Actions (login required)

View Item View Item