Studi Komparasi Strategi Card Short Berbasis Puzzle Dengan Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Muatan IPA Siswa Kelas V SD Negeri Pulokulon 3 Dan SD Negeri Pulokulon 4 Tahun 2014/2015

Rofiah, Siti Naimmatul and , Drs. Muhroji, S. E., M. Si., M. Pd. (2014) Studi Komparasi Strategi Card Short Berbasis Puzzle Dengan Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Muatan IPA Siswa Kelas V SD Negeri Pulokulon 3 Dan SD Negeri Pulokulon 4 Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN..pdf

Download (782kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (227kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.lampiran_ALL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (493kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara strategi card short berbasis puzzle dengan index card match terhadap hasil belajar muatan IPA siswa kelas V SD Negeri Pulokulon 3 dan SD Negeri Pulokulon 4 Tahun 2014/2015, (2) pengaruh yang lebih besar antara strategi card short berbasis puzzle dengan index card match dalam meningkatkan hasil belajar muatan IPA siswa kelas V SD Negeri Pulokulon 3 dan SD Negeri Pulokulon 4 Tahun 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD N Pulokulon 3 dan SD N Pulokulon 4 tahun 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji keseimbangan dan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,849 > 1,994 dengan nilai rata-rata hasil belajar muatan IPA kelas V SD Negeri Pulokulon 4 lebih besar dibandingkan kelas V SD Negeri Pulokulon 3, yaitu 88,42 > 81,44. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh antara strategi card short berbasis puzzle dengan strategi index card match terhadap hasil belajar muatan IPA. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,849 > 1,994. (2) strategi card short berbasis puzzle lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan strategi index card match dalam meningkatkan hasil belajar muatan IPA. Berdasarkan rata-rata kelas eksperimen I > rata-rata kelas eksperimen II, yaitu 88,42 > 81,44.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi card short berbasis puzzle, strategi index card match, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Feb 2015 09:38
Last Modified: 17 Oct 2021 06:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31782

Actions (login required)

View Item View Item