Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Bagi Siswa Kelas VII A SMP N 3 Gondangrejo Tahun Ajaran 2012/2013

NUGROHO, DANANG PRASETYO and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Bagi Siswa Kelas VII A SMP N 3 Gondangrejo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._Daftar_Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._INSTRUMEN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._Jurnal_Publikasi.pdf

Download (437kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan komunikasi dan hasil belajar matematika bagi siswa kelas VII A SMP N 3 Godangrejo melalui strategi pembelajaran Problem Based Insruction (PBI) dalam pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data guru dan siswa. Teknik pengumpulan data observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara komparatif dan interaktif. Keabsahan data dengan triangulasi penyidik. Hasil penelitian, pertama penerapan strategi pembelajaran Problem Based Insruction (PBI) dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII A SMP N 3 Godangrejo. Kedua peningkatan komunikasi belajar matematika yaitu (a) siswa yang mampu menyatakan ide dengan berbicara dari kondisi awal 17,65% siklus I 29,41% dan siklus II 55,88%, (b) siswa yang mampu menuliskan ide dari kondisi awal 20,59% siklus I 35,29% siklus II 58,82%, (c) siswa yang mampu menggambarkan ide dari kondisi awal 14,70% siklus I 26,47% siklus II 50%, dan (d) siswa yang mampu menjelakan konsep-konsep matematika dari kondisi awal 23,52% siklus I 41,17% dan siklus II 64,71%. Ketiga peningkatan hasil belajar matematika dari kondisi awal 61,76%, siklus I 73,53% siklus II 88,23%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, hasil belajar, Problem Based Insruction
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 27 Jan 2015 12:55
Last Modified: 17 Oct 2021 23:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31734

Actions (login required)

View Item View Item