ROSYID, ISNAN and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Peningkatan Kedisiplinan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Group Investigation (PTK Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 4 Sambi Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1.halaman_depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
2.BAB_I.pdf Download (317kB) |
|
PDF (Bab II)
3.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
||
PDF (Bab III)
4.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
PDF (Bab IV)
5.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) |
||
PDF (Bab V)
6.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7.daftar_pustaka.pdf Download (213kB) |
|
PDF (Lampiran)
8.lampiran_full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11.naskah_publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kedisiplinan belajar matematika bagi siswa SMP Muhammadiyah 4 Sambi kelas VIIB semester genap tahun ajaran 2013/2014 melalui strategi pembelajaran group investigation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Analisis data yang digunakan dengan metode alur, yakni reduksi, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kedisiplinan belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) siswa tepat waktu memulai pelajaran sebelum tindakan 37,5%, pada tindakan kelas siklus I mencapai 50%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 87,5%, 2) siswa tepat waktu mengumpulkan tugas sebelum tindakan 25%, pada tindakan kelas siklus I mencapai 40,62%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 81,25%, 3) siswa taat mengikuti proses pembelajaran sebelum tindakan 25%, pada tindakan kelas siklus I mencapai 40,62%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 75%, 4) siswa taat mengerjakan PR sebelum tindakan hanya 15,62%, pada tindakan kelas siklus I mencapai 34,37%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 81,25%. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan strategi cooperative group investigation dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kedisiplinan, belajar matematika, group investigation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 27 Jan 2015 12:27 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 23:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31731 |
Actions (login required)
View Item |