Peningkatan Kedisiplinan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Group Investigation (PTK Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 4 Sambi Tahun 2013/2014)

ROSYID, ISNAN and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Peningkatan Kedisiplinan Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Group Investigation (PTK Bagi Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 4 Sambi Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1.halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2.BAB_I.pdf

Download (317kB)
[img] PDF (Bab II)
3.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] PDF (Bab III)
4.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (Bab IV)
5.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] PDF (Bab V)
6.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7.daftar_pustaka.pdf

Download (213kB)
[img] PDF (Lampiran)
8.lampiran_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11.naskah_publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kedisiplinan belajar matematika bagi siswa SMP Muhammadiyah 4 Sambi kelas VIIB semester genap tahun ajaran 2013/2014 melalui strategi pembelajaran group investigation. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Analisis data yang digunakan dengan metode alur, yakni reduksi, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kedisiplinan belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator-indikatornya meliputi: 1) siswa tepat waktu memulai pelajaran sebelum tindakan 37,5%, pada tindakan kelas siklus I mencapai 50%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 87,5%, 2) siswa tepat waktu mengumpulkan tugas sebelum tindakan 25%, pada tindakan kelas siklus I mencapai 40,62%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 81,25%, 3) siswa taat mengikuti proses pembelajaran sebelum tindakan 25%, pada tindakan kelas siklus I mencapai 40,62%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 75%, 4) siswa taat mengerjakan PR sebelum tindakan hanya 15,62%, pada tindakan kelas siklus I mencapai 34,37%, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 81,25%. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan strategi cooperative group investigation dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan, belajar matematika, group investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 27 Jan 2015 12:27
Last Modified: 17 Oct 2021 23:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31731

Actions (login required)

View Item View Item