Peningkatan kemandirian belajar dan hasil belajar matematika dengan strategi savi (pada siswa kelas vii semester 2 smp negeri 1 klego boyolali tahun pelajaran 2012/2013)

FIRMANSYAH, AGIL and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Peningkatan kemandirian belajar dan hasil belajar matematika dengan strategi savi (pada siswa kelas vii semester 2 smp negeri 1 klego boyolali tahun pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (695kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Bab II )
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab V )
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (527kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika melalui strategi SAVI pada pokok bahasan bangun segitiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Klego yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, kajian dokumen dan tes. Analisa data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisa sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dan dikembangkan selama pembelajaran. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) peningkatan kemandirian belajar siswa diantaranya a) siswa memperhatikan penjelasan dari guru sebelum penelitian (43,75%) setelah penelitian (96,88%), b) siswa mengerjakan soal latihan dari guru sebelum penelitian (31,25%) setelah penelitian (93,75%), 2) peningkatan hasil belajar matematika siswa, sebelum penelitian (37,5%) setelah penelitian (84,38%). Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi SAVI dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi SAVI, kemandirian belajar matematika, hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 26 Jan 2015 14:18
Last Modified: 17 Oct 2021 23:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31724

Actions (login required)

View Item View Item