Implementasi Metode Pembelajaran Kooperative Tipe Jigsaw Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014)

SETIANINGSIH, DEWI AMBIKA TATA and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2014) Implementasi Metode Pembelajaran Kooperative Tipe Jigsaw Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (735kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah 2 Karanganyar berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi metode. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar dalam pembelajaran matematika. Indikator dari penelitian menunjukkan : Siswa bertanya kepada guru sebelum dilakukan penelitian ada 3 siswa (8,34%), pada siklus I ada 15 siswa (41,6%), dan pada siklus II ada 20 siswa (72,23%). Siswa menjawab pertanyaan dari guru sebelum adanya tindakan ada 4 siswa (11,11%), pada siklus I ada 13 siswa (36,11%), dan pada siklus II ada 24 siswa (66,67%).Siswa presentasi di depan kelas , sebelum adanya tindakan ada 2 siswa (5,56%), pada siklus I ada 8 siswa (22,33%), dan pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa (50%). Hasil uraian di atas disimpulkan bahwa metode kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Keaktifan, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Jan 2015 12:59
Last Modified: 17 Oct 2021 22:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31721

Actions (login required)

View Item View Item