AMALISA, ANDRA and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VII Semester Gasal Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ngadirojo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (843kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (33MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (400kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngadirojo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode tes sebagai metode pokok sedangkan observasi,dokumentasi dan wawancara sebagai metode bantu. Hasil analisis menunjukkan adanya tipe kesalahan antara lain: (a) prosentase kesalahan dalam aspek bahasa 0 % ( tergolong sangat rendah ) disebabkan siswa sudah dapat memahami atau mencerna bahasa, menafsirkan kata yang digunakan dalam matematika dengan cara menuliskan diketahui dan ditanyakan(b) prosentase kesalahan dalam aspek imajinasi 49 % (tergolong cukup/sedang), disebabkan siswa masih kesulitan dalam mengekspresikan imajinasi dalam bentuk ruang(c) prosentase kesalahan dalam aspek prasyarat 61 % ( tergolong tinggi), disebabkan siswa masih kesulitan dalam penguasaan konsep dengan menuliskan rumus(d) prosentase kesalahan dalam aspek tanggapan 61 % ( tergolong tinggi ), disebabkan siswa masih kurang teliti dalam mensubstitusikan jawaban kedalam rumus(e) prosentase kesalahan dalam aspek terapan 61 % ( tergolong tinggi ), disebabkan siswa masih belum mengusai dalam mengerjakan soal operasi bentuk aljabar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesalahan dalam mengerjakan soal operasi bentuk aljabar yang terbesar terdapat pada aspek prasyarat,aspek tanggapan dan aspek terapan 61 %, disebabkan karena siswa masih cendurung belum menguasai materi/kosep dan kurang teliti dalam mengerjakan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis, kesalahan, pembelajaran matematika, soal cerita, operasi bentuk aljabar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 26 Jan 2015 12:43 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 22:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31719 |
Actions (login required)
View Item |