Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Dengan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning (PTK Bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wirosari Tahun 2014/2015)

SARI, OKTIK VIKA and , Masduki, S.Si, M.Si (2014) Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Dengan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning (PTK Bagi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wirosari Tahun 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (897kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk,meningkatkan kemampuan penalaran matematika dengan lembar kerja siswa berbasis Discovery Learning pada siswa kelas X SMA N 1 Wirosari-Grobogan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Wirosari Grobogan yang berjumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan review. Teknik analisis data dengan metode alur meliputi pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan penalaran matematika dengan lembar kerja siswa berbasis Discovery Learning . Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran matematika dapat dilihat dari : 1) Menyatakan pernyataan matematika meningkat dari 9 siswa (24, 32%) sebelum tindakan menjadi 29 siswa (78,38%) setelah tibdakan. 2) Memeriksa keshahihan suatu argument meningkat dari 8 siswa (21,62%) sebelum tindakan menjadi 28 siswa (75,68%) setelah tindakan. 3)Membuat kesimpulan meningkat dari 10 siswa (27,03%) sebelum tindakan menjadi 26 siswa (70,27%) setelah tindakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan lembar kerja siswa berbasis Discovery Learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penalaran, LKS, Discovery Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Jan 2015 12:34
Last Modified: 17 Oct 2021 22:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31718

Actions (login required)

View Item View Item