MAFAZA, DIYAN NUR and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2014) Peningkatan Komunikasi Matematika Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Strategi Think Talk Write Kombinasi Cooperative Integrated Reading And Composition Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (837kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dan prestasi belajar siswa dengan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) kombinasi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Ngemplak tahun 2013/ 2014. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode alur yaitu proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika dan prestasi belajar siswa matematika, hal ini dapat dilihat dari: 1) kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan 15,15%, setelah tindakan meningkat menjadi 71,87%, 2) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 15,15%, setelah tindakan meningkat menjadi 68,75%, 3) kemampuan bekerja sama dalam kelompok sebelum tindakan 21,21%, setelah tindakan meningkat menjadi 78,12%, 4) kemampuan mengemukakan ide matematika secara tertulis, sebelum tindakan 12,12%, setelah tindakan meningkat menjadi 65,63%, 5) tuntas KKM ≥ 75, sebelum tindakan 12,5%, setelah tindakan meningkat menjadi 81,25%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan Think Talk Write kombinasi Cooperative Integrated Reading and Composition. Dapat meningkatkan komunikasi matematika dan prestasi belajar siswa siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Ngemplak Boyolali pada pokok bahasan segitiga dan segi empat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TTW, CIRC, komunikasi matematika, prestasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 26 Jan 2015 12:23 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 22:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31717 |
Actions (login required)
View Item |