Implementasi Pembelajaran Scientific Dengan Strategi Group Investigation Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa (PTK Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Surakarta 1 Semster Gasal Tahun Ajaran 2013/2014)

LESTARI, DWI SRI and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Implementasi Pembelajaran Scientific Dengan Strategi Group Investigation Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa (PTK Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Surakarta 1 Semster Gasal Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (273kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_naskah_publikasi.pdf

Download (702kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas matematika bagi siswa kelas VIIE Semester Gasal MTs Negeri Surakarta 1 melalui implementasi pendekatan scientific dengan strategi group investigation dalam pembelajaran matematika. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIE Semester Gasal MTs Negeri Surakarta 1 tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 38 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan metode alur, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan kreativitas. Hal ini dilihat dari indikator (a) siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah dari kondidi awal 7,89%, siklus I 36,84%, siklus II 71,05%, (a) siswa memiliki kemampuan memperkaya penyelesaian masalah dengan berbagai alternatif jawaban dari kondisi awal 5,26%, siklus I 36,84%, siklus II 76,32%, (c) siswa mempunyai rasa ingin tahu dari kondisi awal 10,52%, siklus I 39,47%, siklus II 78,95%, (d) siswa mempunyai kemampuan mengerjakan soal yang diberikan oleh guru dari kondisi awal 10,52%, siklus I 44,74%, siklus II 81,58%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, hasil belajar, scientific, group investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 21 Jan 2015 13:27
Last Modified: 17 Oct 2021 22:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31690

Actions (login required)

View Item View Item