Analisis Perbandingan Efisiensi Bank Umum Konvensional Dan Bank Umum Syariah Dengan Metode Data Envelopment Analysis (Dea)(periode tahun 2008 - 2012)

Aini, Asma Nurul and , Eni Setyowati, SE, M.Si and , Nurul Huda, S.Ag., M.Ag (2014) Analisis Perbandingan Efisiensi Bank Umum Konvensional Dan Bank Umum Syariah Dengan Metode Data Envelopment Analysis (Dea)(periode tahun 2008 - 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER.pdf

Download (638kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (272kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (479kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Efisiensi merupakan salah satu parameter kinerja yang mendasari seluruh kinerja sebuah organisasi dengan mengacu pada filosofi kemampuan menghasilkan output yang optimal dengan input-nya yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat efisiensi Perbankan Konvensional dan Perbankan Syariah di Indonesia. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan publikasi tahunan Bank Umum Konvensional dan Bank Umum Syariah dari 6 Bank tersebut yaitu Bank BNI, Bank BTN, Bank BRI, Bank Muamalat,Bank Mega Syariah Indonesia, dan Bank Syariah Mandiri pada tahun 2008-2012. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis(DEA).Berdasarkan hasil perhitungan DEA, terdapat 4 bank yang menjadi obyek penelitian yaitu Bank BTN, Bank BRI, Bank Muamalat, dan Bank Mega Syariah Indonesia dalam kurun waktu 2008-2012 sudah termasuk efisien. Hal ini terlihat dari skor efisiensi yang sudah mencapai 100 persen, sementara 2 bank lain yaitu Bank BNI dan Bank Syariah Mandiri dalam kurun waktu 2008-2012 masih belum efisien. Hal ini terlihat dari skor efisiensi yang belum mencapai 100 persen, akan tetapi terdapat 1 bank yang sudah mendekati efisien yaitu Bank Syariah Mandiri karena dalam 5 tahun hanya 1 tahun saja yang mengalami inefisien. Bank yang mengalami inefisien paling tinggi adalah Bank BNI dengan inefisien 5 tahun yaitu tahun 2008-2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Input-Output, Laporan Keuangan, Data Envelopment Analysis (DEA)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Jan 2015 12:23
Last Modified: 18 Oct 2021 03:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31683

Actions (login required)

View Item View Item