Analisis Pengaruh Pendapatan Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, Murabahah, Dan Sewa Ijarah Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode Tahun 2011-2013

Qodriasari, Indriani Laela and , Dr. Agung Riyadi, Msi and , Drs. H. Syarafuddin HZ, M.Ag (2014) Analisis Pengaruh Pendapatan Pembiayaan Mudharabah, Musyarakah, Murabahah, Dan Sewa Ijarah Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode Tahun 2011-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (527kB)

Abstract

Bank Syariah di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, ditandai dengan telah berdirinya 11 Bank Umum Syariah di Indonesia saat ini. Perkembangan tersebut dipicu oleh produk-produk pembiayaan yang ditawarkan oleh bank syariah. Pembiayaan-pembiayaan dalam bank syariah merupakan suatu produk yang diminati sebagian nasabah. Oleh karena itu tingginya minat nasabah untuk menggunakan pembiayaan akan memberikan kontribusi terhadap profitabilitas bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pendapatan pembiayaan mudharabah, musyarakah, murabahah dan ijarah terhadap profititabilitas atau tingkat keuntungan bank syariah yang diukur dengan return on equity. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi data panel OLS dengan menggunakan model common effect, fixed effect, dan random effect yang kemudian di uji dengan uji hausman, lagrang multiplier, dan uji F. Dalam penelitian ini terdapat beberapa asumsi diantaranya yaitu: 1) membentuk fungsi maksimasi keuntungan dengan asumsi: a. harga output dibiaya tetap b. berpola Cobb-Dauglas 2) membuktikan maksimasi keuntungan melalui titik belok dan titik balik 3) menguji faktor-faktor yang mempengaruhi keuntungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi keuntungan Cobb-Dauglas memaksimumkan keuntungan yang ditunjukkan dengan garis singgung positif ke kanan. Kemudian, dari analisis data menunjukkan bahwa variabel pendapatan pembiayaan mudharabah, musyarakah, murabahah, dan ijarah memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas keenam bank umum syariah sehingga dari keempat variabel tersebut tidak ada produk yang menjadi produk unggulan. Hal tersebut dikarenakan pada tahun 2011-2013 nilai NPF bank syariah mengalami kenaikkan yang signifikan sehingga kredit macet di bank syariah meningkat seiring dengan persaingan bank syariah yang semakin ketat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mudharabah, musyarakah, murabahah, ijarah, profitabilitas, bank umum syariah
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Jan 2015 10:09
Last Modified: 19 Oct 2021 08:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31676

Actions (login required)

View Item View Item