Haris, Hangga Sylvia and , Dra. Titik Asmawati, SE, M.Si, (2014) Prestasi BelajarR Akuntansi Keuangan Menengah 1 DItinjau Dari Partisipasi Mahasiswa Dalam Organisasi Mahasiswa Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonom Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (334kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (271kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
02._Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh partisipasi ORMAWA terhadap prestasi belajar AKM 1, 2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar AKM 1, 3) pengaruh partisipasi ORMAWA dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar AKM 1. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang berpartisispasi dalam organisasi UKM fakultas yang berjumlah 45 mahasiswa. Data yang diperlukan, diperoleh melalui metode angket dan dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, Sumbangan Efektif dan Relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 1,817 + 0,617 X1 + 0,414 X2, artinya prestasi belajar AKM 1 dipengaruhi oleh partisipasi ORMAWA dan kemandirian belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) partisipasi ORMAWA berpengaruh terhadap prestasi belajar AKM 1. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel partisipasi ORMAWA sebesar 3,351 sehingga thitung > ttabel atau 3,351 > 2,018 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. (2) kemandirian belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar AKM 1. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kemandirian belajar sebesar 2,217 sehingga thitung > ttabel atau 2,217 > 2,018 dengan nilai signifikansi 0,032 < 0,05. (3) partisipasi ORMAWA dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar AKM 1 mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 25,825 sehingga Fhitung > Ftabel atau 25,825 > 3,220 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,552, dengan Sumbangan Efektif partisipasi ORMAWA sebesar 34,2% dan kemandirian belajar sebesar 21%, berarti 55,2% prestasi belajar AKM 1 dipengaruhi oleh variabel partisipasi ORMAWA dan kemandirian belajar, sisanya sebesar 44,8% dipengaruhi variabel di luar penelitian
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar AKM 1, Partisipasi dalam ORMAWA, Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 20 Jan 2015 12:27 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 14:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31645 |
Actions (login required)
View Item |