Kritik Sosial Dalam Lirik Lagu Album Untukmu Komunitas Karya Band Bunga Hitam: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Nugroho, Erwan Andi and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. and , Drs. Zainal Arifin, M.Hum (2014) Kritik Sosial Dalam Lirik Lagu Album Untukmu Komunitas Karya Band Bunga Hitam: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (240kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASIi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) latar sosiohistoris band Bunga Hitam, (2) struktur pembangun lirik lagu, (3) kritik sosial, dan (4) implementasi hasil penelitian sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini deskriptif kualitatif dengan objek berupa kritik sosial. Data dalam penelitian ini berupa baris dan bait yang saling berkesinambungan. Sumber data penelitian ini lirik lagu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, catat, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi teori. Teknik analisis data penelitian ini yaitu struktural, dialektika, dan interaktif. Lirik lagu analisis ini mengandung kritik sosial, diantaranya: Punah, Pelacur, Lawan Kemiskinan, Kamilah Peluru, Menghancurkan dan Membangun, dan Ambisi Salah. Hasil penelitian ini berupa; (1) Bunga Hitam memiliki paham idealis punk identik dengan kebebasan, hasil karyanya banyak memberikan motivasi dan semangat berjuang melawan penindasan serta peka terhadap kondisi sosial saat ini. (2) diksi yang digunakan sederhana, imaji didominasi penglihatan dan gerak, penggunaan kata yang diperkonkret memudahkan maksud imaji, bahasa figuratif didominasi hiperbola dan repetisi, rima akhir didominasi rima terus dan rima datar berupa asonansi dan aliterasi, dan tipografi menunjukkan penyusunan puisi, tema didominasi keadaan sosial, nada suasana mengajak memperbaiki kondisi saat ini dengan tindakan nyata, perasaan didominasi semangat dan kecewa, dan amanatnya secara keseluruhan mengajak ke arah yang lebih baik, (3) dalam penelitian ini ditemukan enam kritik sosial, yaitu kritik terhadap kerusakan lingkungan, kemiskinan, pelacuran, kekuasaan, lunturnya sikap kejujuran, reformasi yang kebablasan. (4) hasil penelitian ini memiliki relevansi terhadap Kurikulum 2013 pelajaran Bahasa Indonesia, maka dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar sastra di SMA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kritik sosial, lirik lagu, album Untukmu Komunitas, Bunga Hitam, sosiologi sastra.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 10:12
Last Modified: 14 Oct 2021 05:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31631

Actions (login required)

View Item View Item