Penanaman Karakter Percaya Diri Dan Kerja Keras Pada Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Seni Budaya (Studi Kasus Pada Seni Barongan di SMP Negeri 2 Blora Tahun 2014)

Sandria, Diaz and , Dra. Sri Gunarsi, SH.,MH. (2014) Penanaman Karakter Percaya Diri Dan Kerja Keras Pada Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Seni Budaya (Studi Kasus Pada Seni Barongan di SMP Negeri 2 Blora Tahun 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (541kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan kendala penanaman karakter percaya diri dan kerjakeras pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler seni budaya (studi kasus seni barongan) di SMP Negeri 2 Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu hasil temuannya untuk memberikan gambaran mengenai penanaman karakter percaya diri dan kerja keras pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler seni budaya (studi kasus seni barongan) di SMP Negeri 2 Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan mengkaji dokumen. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu melalui triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk penanaman karakter percaya diri yaitu dengan cara memberanikan diri untuk bertindak, yakin pada diri, tidak ragu-ragu. Kendala penanaman karakter percaya diri yaitu karakter setiap siswa berbeda, sebagian besar jarak sekolah dengan rumah sangat jauh, terkadang dalam diri siswa tidak menghafal gerakan, dan transportasi. Bentuk penanaman karakter kerja keras yaitu mempunyai rasa kesadaran diri sendiri, memberi motivasi dan sungguh-sungguh kepada diri sendiri. Kendala penanaman karakter kerja keras yaitu banyak tugas dari Bapak/Ibu guru, masalah pertemuan rutin yang tidak semua anggotan konsisten dalam menghadiri pertemuan, lupa gerakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter percaya diri dan kerja keras, seni budaya, seni barongan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jan 2015 07:05
Last Modified: 19 Oct 2021 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31622

Actions (login required)

View Item View Item