Widati, Ari Catur and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum and , Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum (2014) Realisasi Tindak Kesantunan Komisif Pada Penggunaan Bahasa Promosi Transaksi Penjual Pasar Tradisional Nglangon Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (434kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (106kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSIKU.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan (1) Mendeskripsikan bentuk kesantunan komisif yang digunakan sebagai bahasa promosi transaksi penjual pasar tradisional Nglangon Sragen. (2) Mendeskripsikan skala kesantunan komisif yang digunakan sebagai bahasa promosi transaksi penjual pasar tradisional Nglangon Sragen. (3) Mendeskripsikan teknik dan strategi kesantunan komisif yang digunakan sebagai bahasa promosi transaksi penjual pasar tradisional Nglangon Sragen. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa bahasa promosi transaksi penjual pasar tradisonal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode padan pragmatis. Hasil penelitian ini: (1) Bentuk TKK yang digunakan oleh penjual pasar tradisional saat melakukan kegiatan transaksi tampak lebih dominan menggunakan TKK menjanjkan yaitu sebanyak 11 data, sedangkan bentuk TKK menawarkan ditemukan 7 data, dan TKK bersumpah 2 data. (2) Skala Kesantunan Komisif yang digunakan sebagai bahasa promosi transaksi penjual pasar tradisional Nglangon Sragen tampak didominasi oleh skala untung rugi yaitu sebanyak 8 data, 6 data skala pilihan, dan 6 data mengandung skala ketaklangsungan. (3) Strategi dan teknik TKK yang digunakan oleh penjual pasar tradisional Nglangon Sragen saat melakukan transaksi tampak lebih dominan menggunakan strategi tidak langsung yaitu sebanyak 11 data, kemudian diikuti dengan teknik tidak literal 6 data, teknik literal 2 data dan strategi langsung 1 data
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesantunan, komisif, bahasa promosi, pasar tradisional |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 15 Jan 2015 11:54 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 03:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31603 |
Actions (login required)
View Item |