PRADANA, FANI and , Danang Tunjung Laksono, S.Pd. M.Pd. (2014) Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Dalam Kehidupan Santri Di Pondok Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Muhammadiyah Desa Lemah Gunung Kecamatan Kota Kabupaten Kudus Tahun 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Pubikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (579kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (578kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (296kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (294kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (933kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan implementasi nilai-nilai pancasila sila kemanusiaan yang adil dan beradab dalam kehidupan santri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus. Penelitian ini menggunakan sumber data direktur pondok, ustadz/ustadzah, musrif/musrifah, dan santri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus. Teknik pngumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi atau pencatatan arsip. Untuk validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan trianggulasi teknik. Metode penelitian ini, yaitu menggunakan teknik analisis interaktif. Analisis interaktif digunakan untuk memebandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pondok pesantren telah melaksanakan nilai-nilai pancasila sila kemanusiaan yang adil dan beradab dalam setiap program kegiatan, seperti: 1) Tidak membedakan santri kaya dan miskin, 2) Adanya pengakuan terhadap harkat dan martabat manusia bahwa dalam menentukan kamar dibedakan santri putra dan putri, 3) Adanya pemberian hukuman bagi santri yang melanggar dan pemberian hadiah pada santri yang taat/berprestasi, 4) Adanya kegiatan untuk meningkatkan Toleransi, Gotong royong, Hormat-menghormati, Nasionalisme, Keadilan, dan Demokrasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Nilai, Pancasila Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Kehidupan Santri di Pondok Pesantren |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 14 Jan 2015 14:32 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31600 |
Actions (login required)
View Item |