Diksi Dan Majas Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami Dan Pemaknaannya: Tinjauan Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Artisa, Dian and , Prof. Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd (2014) Diksi Dan Majas Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami Dan Pemaknaannya: Tinjauan Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (505kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Pubikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (498kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) memaparkan latar sosiohistoris pengarang novel Lalita, 2) menganalisis struktur novel Lalita karya Ayu Utami, 3) menganalisis diksi dan maknanya dalam novel Lalita karya Ayu Utami, 4) menganalisis majas dan maknanya dalam novel Lalita karya Ayu Utami, 5) memaparkan implementasi novel Lalita karya Ayu Utami sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti adalah diksi dan majas dalam novel Lalita karya Ayu Utami. Data dalam penelitian ini adalah kalimat atau wacana dalam novel Lalita. Sumber data primer penelitian ini adalah novel Lalita karya Ayu Utami. Sumber data sekunder berupa skripsi, biografi pengarang, dan internet. Teknik pengumpulan data, yakni teknik pustaka, simak, dan catat. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode semiotik, yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) latar sosiohistoris Ayu Utami mempunyai nama asli Justina Ayu Utami yang lahir di Bogor, 21 November 1968, 2) struktur novel Lalita dapat dilihat dari kepaduan tema dan fakta cerita. Tema dalam novel Lalita karya Ayu Utami adalah kisah cinta yang diselimuti dengan perselingkuhan serta tentang misteri Buku Indigo dan Candi Borobudur. Tokoh utama dalam novel Lalita adalah Lalita Vistara. Alur yang digunakan adalah alur campuran. Latar tempat terjadi di Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Wina, dan Prancis . Latar waktu terjadi tahun 2008 sampai 2010. Latar sosial dalam novel Lalita adalah kehidupan remaja dengan tingkat pendidikan yang tinggi, tetapi karena pergaulan bebes, mereka mempunyai moral buruk. Selain itu, juga diperkuat dengan penggunaan bahasa Jawa dan budaya barat. 3) diksi dalam novel Lalita, antara lain kata konotatif, kata konkret, kata sapaan khas diri, kata serapan dari bahasa asing, kosakata bahasa Jawa, kata vulgar, serta kata dengan objek realitas alam. 4) majas dalam novel Lalita adalah majas simile, majas personifikasi, dan majas metafora. 5) implementasi diksi dan majas dalam novel Lalita tidak cocok dijadikan sebagai bahan ajar sastra di SMA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: novel, diksi, majas, stilistika, implementasi sebagai bahan ajar sastra di SMA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 14 Jan 2015 12:41
Last Modified: 14 Oct 2021 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31590

Actions (login required)

View Item View Item