Tindak Tutur Ekspresif Dan Direktif Pada “Kesan Dan Pesan Untuk Guru Bahasa Indonesia PPL UMS 2013” Kelas 8A DAN 8B SMP N 1 Teras: Tinjauan Pragmatik

PUTRI, Alista Notarina Sulistyo and , Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum. (2014) Tindak Tutur Ekspresif Dan Direktif Pada “Kesan Dan Pesan Untuk Guru Bahasa Indonesia PPL UMS 2013” Kelas 8A DAN 8B SMP N 1 Teras: Tinjauan Pragmatik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (925kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ada dua tujuan yang sudah dicapai. (1) Mendeskrisikan bentuk-bentuk dari tindak tutur ekspresif pada kesan untuk guru Bahasa Indonesia PPL UMS 2013 kelas 8A dan 8B SMP N 1 Teras dan (2) Mendeskripsikan bentuk-bentuk dari tindak tutur direktif pada pesan untuk guru Bahasa Indonesia PPL UMS 2013 kelas 8A dan 8B SMP N 1 Teras. Objek penelitian ini adalah tindak tutur ekspresif dan direktif pada kesan dan pesan untuk guru bahasa Indonesia PPL UMS 2013 kelas 8a dan 8b SMP N 1 Teras. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan kesan dan pesan untuk guru bahasa Indonesia PPL UMS 2013. Penelitian ini menggunakan teknik pilah unsur penentu (PUP) dengan daya pilah yang digunakan adalah daya pilah pragmatis. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode padan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ditemukan 10 bentuk-bentuk tindak tutur ekspresif pada kesan untuk guru bahasa Indonesia PPL UMS 2013 kelas 8A dan 8B SMP N 1 Teras yakni (a) memuji, (b) berterima kasih, (c) mengevaluasi, (d) mengungkapkan rasa senang, (e) meminta maaf, (f) mengungkapkan rasa tidak senang, (g) menyanjung, (h) mengkritik, (i) mengungkapkan rasa suka, dan (j) menyayangkan. Pada satu data bisa terdapat satu atau lebih tindak tutur ekspresif. Selanjutnya (2) ditemukan 7 bentuk-bentuk tindak tutur direktif pada pesan untuk guru bahasa Indonesia PPL UMS 2013 kelas 8A dan 8B SMP N 1 Teras yakni (a) mengharapkan, (b) meminta, (c) menasihati, (d) mengusulkan, (e) mengajak, (f) mengingatkan, dan (g) menyarankan. Pada satu data bisa terdapat satu atau lebih tindak tutur direktif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: direktif, ekspresif, pragmatik
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 08 Jan 2015 14:23
Last Modified: 16 Oct 2021 13:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31547

Actions (login required)

View Item View Item