Triyono, Triyono and , Dr. Yadi Purwanto, M.M. (2014) Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Regulasi Emosi Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
_(2)_Naskah_publikasi.pdf Download (134kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
_(3)_Halaman_Depan_(Prelim).pdf Download (717kB) |
|
|
PDF (Bab I)
_(4)_Bab_1.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Bab II)
_(5)_Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (833kB) |
||
PDF (Bab III)
_(6)_Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) |
||
PDF (Bab IV)
_(7)_Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (844kB) |
||
PDF (Bab V)
_(8)_Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (750kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
_(9)_Daftar_Pustaka.pdf Download (768kB) |
|
PDF (Lampiran)
_(10)_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dan regulasi emosi dengan prokrastinasi akademik siswa SMA. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 03 Sukoharjo yang berjumlah 162. Hipotesis yang diajukan oleh peneliti adalah ada hubungan antara efikasi diri dan regulasi emosi dengan prokrastinasi akademik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan pengumpulan data menggunakan skala.Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga skala, yaitu efikasi diri, regulasi emosi, dan prokrastinasi akademik. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh ada hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan regulasi emosi dengan prokrastinasi akademik. Sumbangan efektif efikasi diri dan regulasi emosi bersama-sama terhadap prokrastinasi akademik sebesar 41,6 %. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan regulasi emosi dengan prokrastinasi akademik siswa SMA. Kesimpulan hubungan efikasi diri dan regulasi emosi bersifat negatif terhadap prokrastinasi akademik siswa SMA. Artinya, semakin tinggi efikasi diri dan regulasi emosi maka prokrastinasi akademik siswa SMA akan turun. Implikasi penelitian ini dalam bidang pendidikan adalah prokrastinasi akademik dapat dikurangi dengan meningkatkan efikasi diri dan regulasi emosi.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prokrastinasi akademik, efikasi diri, regulasi emosi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Jan 2015 09:59 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31534 |
Actions (login required)
View Item |