Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Regulasi Emosi Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA

Triyono, Triyono and , Dr. Yadi Purwanto, M.M. (2014) Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Regulasi Emosi Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
_(2)_Naskah_publikasi.pdf

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
_(3)_Halaman_Depan_(Prelim).pdf

Download (717kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
_(4)_Bab_1.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
_(5)_Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] PDF (Bab III)
_(6)_Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] PDF (Bab IV)
_(7)_Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)
[img] PDF (Bab V)
_(8)_Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
_(9)_Daftar_Pustaka.pdf

Download (768kB)
[img] PDF (Lampiran)
_(10)_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dan regulasi emosi dengan prokrastinasi akademik siswa SMA. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 03 Sukoharjo yang berjumlah 162. Hipotesis yang diajukan oleh peneliti adalah ada hubungan antara efikasi diri dan regulasi emosi dengan prokrastinasi akademik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan pengumpulan data menggunakan skala.Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga skala, yaitu efikasi diri, regulasi emosi, dan prokrastinasi akademik. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh ada hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan regulasi emosi dengan prokrastinasi akademik. Sumbangan efektif efikasi diri dan regulasi emosi bersama-sama terhadap prokrastinasi akademik sebesar 41,6 %. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan regulasi emosi dengan prokrastinasi akademik siswa SMA. Kesimpulan hubungan efikasi diri dan regulasi emosi bersifat negatif terhadap prokrastinasi akademik siswa SMA. Artinya, semakin tinggi efikasi diri dan regulasi emosi maka prokrastinasi akademik siswa SMA akan turun. Implikasi penelitian ini dalam bidang pendidikan adalah prokrastinasi akademik dapat dikurangi dengan meningkatkan efikasi diri dan regulasi emosi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: prokrastinasi akademik, efikasi diri, regulasi emosi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Jan 2015 09:59
Last Modified: 19 Oct 2021 13:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31534

Actions (login required)

View Item View Item