Sofia, Evy and , Dr. Sri Lestari, M.Si (2014) Strategi Belajar Murid Underachiever. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (166kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi belajar murid underachiever, mengidentifikasi pendukung penerapan strategi belajar murid underachiever, dan penghambat penerapan strategi belajar murid underachiever. Informan penelitian terdiri dari empat murid underachiever laki-laki, duduk di kelas 9 SMP, dan intelegensinya cukup tinggi. Data dalam penelitian ini didapatkan dari dokumentasi, hasil tes intelegensi, dan wawancara dengan informan utama dan informan pendukung, yaitu ayah, ibu, guru, dan teman. Hasil penelitian menunjukkan murid underachiever melakukan strategi belajar yang cenderung mudah seperti mencatat, menandai teks, mengerjakan latihan soal, mengulang-ulang hafalan, mencari bantuan belajar, mencari materi di internet, dan menetapkan tujuan. Murid underachiever tidak melakukan strategi belajar yang cenderung sulit, seperti mengevaluasi capaian belajar secara komprehensif, memonitor pemahaman, membuat catatan secara kreatif, merangkum tiap kali belajar, mencari rujukan dari buku lain, dan mencicil belajar. Hasil penelitian juga menunjukkan faktor pendukung penerapan strategi belajar adalah motivasi, keinginan berkompetisi, kemauan mencari bantuan belajar, dukungan dari orang tua, dukungan dari sekolah, dukungan dan penerimaan dari teman. Di sisi lain, faktor penghambat penerapan strategi belajar berupa kurangnya keyakinan atas kemampuan diri, rasa cemas, game online, manajemen belajar kurang baik, kualitas hubungan yang kurang baik dengan ayah, kondisi kelas yang kurang kondusif, persepsi tentang kompetensi guru, dan pengaruh buruk teman.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi belajar, murid underachiever |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 06 Jan 2015 13:20 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 22:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31522 |
Actions (login required)
View Item |