, Warsito and , Dr. M. Muinudinillah Basri, M.A. and , Dr. H. Samino, M.M (2014) Manajemen Implementasi Kurikulum dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas III SD Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (230kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (157kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Implementasi kurikulum dalam membentuk karakter siswa merupakan bagian dari kegiatan manajemen sekolah. Kurikulum menjadi scenario dalam mewujudkan kesuksesan pembentukan karakter siswa. Agar pembentukan karakter siswa berjalan dengan baik maka perlu adanya sistem manajemen kurikulum yang efektif dan efisien. Sejalan dengan itulah, manajemen kurikulum diharapkan dapat terealisasi di lembaga pendidikan untuk membentuk peserta didik berakhlak. Berkenaan dengan latar belakang masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum dalam pembentukan karakter siswa kelas III yang di SD Ta’mirul Islam Surakarta. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan cara berfikir induktif dan deduktif yaitu menganalisis data yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus, kemudian dari fakta atau peristiwa yang khusus tersebut ditarik generalisasi yang bersifat umum dan selanjutnya ditarik suatu kesimpulan dari pernyataan umum menuju pernyataan khusus. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, manajemen kurikulum dalam pembentukan karakter siswa kels III di SD Ta’mirul Islam Surakarta terdiri dari beberapa point, yaitu: proses perencanaan kurikulum pembelajaran yang terdiri dari rapat koordinasi staf pimpinan dan rapat awal tahun ajaran dengan membuat perangkat administrasi pembelajaran. Yang kedua, mengimplementasikan kurikulum yang membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab, dalam bentuk pembiasaan mengaji, patriotisme, salat salat wajib dan sunah, olahraga pagi, penerapan buku pantauan siswa, tugas terstruktur, dan kegiatan sosial dan keagamaan seperti kemah bakti sosial dan pesantren ramadhan. Yang ketiga, evaluasi dari pelaksanaan kegiatan dalam pembentukan karakter yang dikemas dalam bentuk kegiatan supervisi dan monitoring. Manajemen Implementasi kurikulum yang dibangun oleh SD Ta’mirul Islam Surakarta banyak keberhasilan dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab. Ada beberapa kendala dalam manajemen kurikulum dalam pembentukan karakter di antaranya, jumlah siswa, latar belakang ekonomi orang tua siswa, kurang sinergi sekolah dengan orang tua, kurang komunikasi orang tua dengan sekolah, jarak rumah siswa dengan sekolah, dan factor lingkungan siswa yang kurang mendukung.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen; kurikulum; karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 05 Jan 2015 12:32 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31501 |
Actions (login required)
View Item |