Integrasi Pendidikan Islam Humanistik Dan Misi Profetik Kiai Ahmad Dahlan Dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 2013

Sujarwo, Satrio Toto and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Dr. Nafron Hasyim (2014) Integrasi Pendidikan Islam Humanistik Dan Misi Profetik Kiai Ahmad Dahlan Dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 2013. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (235kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada empat (1) mendeskripsikan latar sosial budaya pengarang Akmal Nasery Basral, (2) mendeskripsikan struktur dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral, (3) mendeskripsikan integrasi pendidikan Islam humanistik dan misi profetik Kiai Ahmad Dahlan dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral, (4) mendeskripsikan relevansi pendidikan Islam humanistik dan misi profetik Kiai Ahmad Dahlan dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral dengan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan metode dialektik, dengan model semiotik dan pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah integrasi dari pendidikan Islam humanistik dan misi profetik Kiai Dahlan menghasilkan (1) pendidikan dan humanum, (b) pendidikan dan humanitas, (3) pendidikan dan humaniora, dan misi profetik nya(1) Amar maruf (humanisasi), (2) Nahi munkar (liberasi) (3) Tuminuna billah (transendensi). Relevansinya integrasi pendidikan Islam humanistik dan misi profetik Kiai Ahmad Dahlan dengan kurikulum 2013 dapat dilihat dari standar kompetensi yang telah ditetapkan pemerintah dalam kurikulum 2013 berupa sikap (attitude) sama dengan pendidikan dan humanitas, keterampilan (skill) sama dengan pendidikan dan humaniora, dan pengetahuan (knowledge) sama dengan pendidikan humanum.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam humanistik, misi profetik Kiai Ahmad Dahlan, novel Sang Pencerah, kajian sosiologi sastra, kurikulum 2013.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 23 Jan 2015 07:54
Last Modified: 19 Oct 2021 15:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31477

Actions (login required)

View Item View Item