Sujarwo, Satrio Toto and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Dr. Nafron Hasyim (2014) Integrasi Pendidikan Islam Humanistik Dan Misi Profetik Kiai Ahmad Dahlan Dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasery Basral: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 2013. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (30kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (235kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini ada empat (1) mendeskripsikan latar sosial budaya pengarang Akmal Nasery Basral, (2) mendeskripsikan struktur dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral, (3) mendeskripsikan integrasi pendidikan Islam humanistik dan misi profetik Kiai Ahmad Dahlan dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral, (4) mendeskripsikan relevansi pendidikan Islam humanistik dan misi profetik Kiai Ahmad Dahlan dalam novel Sang Pencerah karya Akmal Nasery Basral dengan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan metode dialektik, dengan model semiotik dan pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah integrasi dari pendidikan Islam humanistik dan misi profetik Kiai Dahlan menghasilkan (1) pendidikan dan humanum, (b) pendidikan dan humanitas, (3) pendidikan dan humaniora, dan misi profetik nya(1) Amar maruf (humanisasi), (2) Nahi munkar (liberasi) (3) Tuminuna billah (transendensi). Relevansinya integrasi pendidikan Islam humanistik dan misi profetik Kiai Ahmad Dahlan dengan kurikulum 2013 dapat dilihat dari standar kompetensi yang telah ditetapkan pemerintah dalam kurikulum 2013 berupa sikap (attitude) sama dengan pendidikan dan humanitas, keterampilan (skill) sama dengan pendidikan dan humaniora, dan pengetahuan (knowledge) sama dengan pendidikan humanum.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam humanistik, misi profetik Kiai Ahmad Dahlan, novel Sang Pencerah, kajian sosiologi sastra, kurikulum 2013. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 23 Jan 2015 07:54 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 15:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31477 |
Actions (login required)
View Item |