Orientasi dan Pola Asuh Orang Tua untuk Menyekolahkan Anak Pada Sekolah Unggulan di Kota Solo (Studi Kasus Tentang Keputusan Orang Tua dalam Menyekolahkan Anak di Desa Klodran Colomadu Karanganyar)

, Siyami and , Prof. Dr. H. Abdul Ngalim, M. M., M. Hum. and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2014) Orientasi dan Pola Asuh Orang Tua untuk Menyekolahkan Anak Pada Sekolah Unggulan di Kota Solo (Studi Kasus Tentang Keputusan Orang Tua dalam Menyekolahkan Anak di Desa Klodran Colomadu Karanganyar). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (395kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada dua pertama mendeskripsikan orientasi, pola asuh orang tua di desa Klodran dalam menyekolahkan anak di sekolah unggulan , kedua mendeskripsikan pertimbangan orang tua desa Klodran dalam menyekolahkan anak di sekolah unggulan di kota Solo. Jenis penelitian kualitatif. Sumber informasi berasal dari masyarakat desa Koldran. Data diperoleh dari wawancara , dokumentasi , dan observasi. Tehnik sampling yang digunakan purposive sampling dengan memilih individu yang terlibat langsung agar dapat memberikan informasi dan data yang mendalam serta dapat dipercaya untuk menjadi sumber data. Subyek penelitian terdiri dari 13 informan. Tehnik triangulasi sumber diperoleh dari orang tua, anak, pihak sekolah dan Kepala Desa dilakukan guna mendapatkan data serta untuk mendapatkan validitas data. Dan untuk analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan pertama Orientasi dan pola asuh orang tua di Desa Klodran dalam menyekolahkan anak orang tua untuk menentukan sikap, arah, tempat dan pandangan, perhatian atau kecenderungan untuk menyekolah anak ke Kota Solo. Pola asuh Demokratis paling banyak digunakan orang tua dalam menyekolahkan anak, anak ikut dilibatkan dalam menentukan sekolah. Kedua , pertimbangan orang tua dalam menyekolahkan anak di Solo adalah kualitas sekolah baik negeri maupun swasta dianggap lebih baik dan pilihan sekolah lebih banyak. Orang tua desa Klodran yang menyekolahkan anak di Desa Klodran biaya sekolah gratis dan lingkungan dekat rumah

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: orientasi, pola asuh, menyekolahkan anak, sekolah unggulan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Dec 2014 07:22
Last Modified: 20 Oct 2021 06:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31469

Actions (login required)

View Item View Item