Pengelolaan Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum Pada Matakuliah Vertebrata di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Rahmawati, Anita and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Samino, M.M. (2014) Pengelolaan Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum Pada Matakuliah Vertebrata di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian secara umum mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran biologi berbasis praktikum pada mata kuliah vertebrata di STKIP Bima. Secara rinci tujuan peneitian ini ada tiga, yaitu: mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran biologi berbasis praktikum pada mata kuliah vertebrata di STKIP Bima. Penelitian kualitatif ini menggunakan desain studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah di STKIP Bima. Informan: ketua program studi biologi, pengelola laboratorium biologi, asisten pengelola laboratorium biologi, dua orang dosen mata kuliah vertebrata, dua orang asisten praktikum, dan tiga orang mahasiswa biologi semester tiga. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisa data dilakukan melalui tiga tahapan yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi, keabsahan data. Hasil penelitian ini, 1) perencanaan pembelajaran biologi dibuat dalam bentuk RPP. sistematika RPP yaitu: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Strategi pembelajaran berbasis praktikum dengan memanfaatkan laboratorium. 2) pelaksanaan pembelajaran biologi berbasis praktikum dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap awal pembelajaran, tahap inti pembelajaran, dan tahap ahir pembelajaran. Pada tahap awal pembelajaran, dosen memberikan motivasi dan tes lisan kepada mahasiswa. Pada tahap inti dosen melakukan kegiatan elaborasi, eksplorasi dan konfirmasi tentang pemahaman mahasiswa terhadap materi sebelumnya serta mengaitkannya dengan materi yang akan disampaikan. Pada tahap ahir dosen dan mahasiswa bersama-sama membuat simpulan dari materi yang diajarkan. 3) evaluasi dalam proses pembelajaran dilakukan secara menyeluruh yaitu pre tes, proses pembelajaran, dan pos tes. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh dosen digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki perencaan serta pelaksanaan pembelajaran yang akan datang.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pembelajaran berbasis praktikum.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Dec 2014 06:56
Last Modified: 20 Oct 2021 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31459

Actions (login required)

View Item View Item