Prestasi Belajar Teori Akuntansi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Keterampilan Mengajar Dosen Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011

NISFILAILI, NISFILAILI and , Dra. Hj. Titik Asmawati, SE, M.Si. (2014) Prestasi Belajar Teori Akuntansi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Keterampilan Mengajar Dosen Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_depan.pdf

Download (521kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_1.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (bab IV)
4._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] PDF (Bab V)
4._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
5._Daftar_Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
6._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (naskah Publikasi)
2._Naskah_publikasi.pdf

Download (201kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, 2) Pengaruh persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen terhadap prestasi belajar, 3) Pengaruh motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen terhadap prestasi belajar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah Teori Akuntansi pada program Pendidikan Ekonomi Akuntansi angkatan 2011 Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 181 mahasiswa dengan sampel 119 mahasiswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang yang diperlukan diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 39,756+ 0,525X1 + 0,192X2 yang artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Teori Akuntansi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi UMS angkatan 2011. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,878 > 1,981 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 2) Persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Teori Akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,193 > 1,981 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,030. 3) Motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Teori Akuntansi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi UMS angkatan 2011. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 12,567 > 3,074 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 71,49% dan sumbangan efektif sebesar 12,72%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 28,51% dan sumbangan efektif sebesar 5,08%. 5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,178, berarti 17,8% prestasi belajar Teori Akuntansi dipengaruhi oleh motivasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen, sisanya sebesar 82,2% dipengaruhi variabel di luar penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Persepsi Mahasiswa Tentang Keterampilan Mengajar Dosen, Prestasi Belajar Teori Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 24 Dec 2014 15:03
Last Modified: 13 Oct 2021 13:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31450

Actions (login required)

View Item View Item