Pengembangan pengelolaan pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan satrategi point-counterpoint di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta

, Sumiati and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Dr. Suyatmini, M.Si (2014) Pengembangan pengelolaan pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan satrategi point-counterpoint di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (610kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (218kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan pengelolaan pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan strategi point-counterpoint di SMA Muhammadiyah 3 surakarta. Secara rinci tujuan penelitian ini ada tiga, yaitu: Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran ekonomi yang di laksanakan oleh guru, mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan yang di kembangkan melalui strategi pembelajaran point-counterpoint, mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan strategi pembelajaran point-counterpoint di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta kelas X pada mata pelajaran ekonomi, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: Studi dokumentasi, koesioner, observasi partisipatif, wawancara, tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji liliefors kolmogorov-smirnov pada program SPSS 17.0 For Windows. Hasil penelitian ini, 1) Pengelolaan pembelajaran ekonomi yang dilaksanakan oleh guru dilakukan dengan 3 komponen, yaitu: perencanaa, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Pengembangan model pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan strategi point-counterpoint yaitu: pemanfaatan lingkungan dengan strategi point-counterpoint dalam proses pembelajaran dapat membantu siswa lebih mudah menyerap materi pelajaran. 3) Evektifitas pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan strategi point-counterpoint yaitu: pembelajaran ini tidak bersifat mendoktrinasi siswa akan tetapi dapat meningkatkan keefektifan proses pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Berbasis lingkungan, Point-counterpoint
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 24 Dec 2014 13:10
Last Modified: 20 Oct 2021 06:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31447

Actions (login required)

View Item View Item