, Sumiati and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Dr. Suyatmini, M.Si (2014) Pengembangan pengelolaan pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan satrategi point-counterpoint di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (610kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (218kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan pengelolaan pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan strategi point-counterpoint di SMA Muhammadiyah 3 surakarta. Secara rinci tujuan penelitian ini ada tiga, yaitu: Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran ekonomi yang di laksanakan oleh guru, mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan yang di kembangkan melalui strategi pembelajaran point-counterpoint, mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan strategi pembelajaran point-counterpoint di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta kelas X pada mata pelajaran ekonomi, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: Studi dokumentasi, koesioner, observasi partisipatif, wawancara, tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji liliefors kolmogorov-smirnov pada program SPSS 17.0 For Windows. Hasil penelitian ini, 1) Pengelolaan pembelajaran ekonomi yang dilaksanakan oleh guru dilakukan dengan 3 komponen, yaitu: perencanaa, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Pengembangan model pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan strategi point-counterpoint yaitu: pemanfaatan lingkungan dengan strategi point-counterpoint dalam proses pembelajaran dapat membantu siswa lebih mudah menyerap materi pelajaran. 3) Evektifitas pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan strategi point-counterpoint yaitu: pembelajaran ini tidak bersifat mendoktrinasi siswa akan tetapi dapat meningkatkan keefektifan proses pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Berbasis lingkungan, Point-counterpoint |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 24 Dec 2014 13:10 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31447 |
Actions (login required)
View Item |