Sudharta, Nurwidi Antari and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2014) Pengelolaan Karakter Kejujuran Dan Kerja Keras dalam Pembelajaran Matematika Kontekstual di Sekolah Dasar Negeri Kusumodilagan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
B.__Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (339kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
C.__Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
D.__Bab_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
E.__Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab III)
F.__Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
G.__Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
PDF (Bab V)
H.__Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
PDF (Daftar pustaka)
I.___Daftar_Pustaka.pdf Download (14kB) |
||
PDF (Lampiran)
J.__Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
Abstract
Tujuan penelitian yaitu mengetahui perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi karakter kejujuran dan kerja keras dalam pembelajaran matematika kontekstual di sekolah dasar negeri kusumodilagan. Jenis penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Nara sumber yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa SD Negeri Kusumodilagan. Data diperoleh dari wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisa data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan kredibility, transferability, Dependability dan konfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri Kusumodilagan masih menggunakan KTSP. RPP merupakan pedoman umum pelaksanaan pembelajaran, berisi materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, media, dan evaluasi yang digunakan, namun penyusunan RPP tidak ada perubahan dari tahun sebelumnya. Strategi untuk menanamkan karakter adalah pengajaran interaktif, cooperative, kontekstual, dan pengajaran sesama teman. Karakter kejujuran tercermin dari tingkat kecurangan siswa dalam mengerjakan tugas cukup rendah, meskipun masih ada siswa yang melakukan kecurangan. Karakter kerja keras tercermin dari usaha siswa menyelesaikan tugas yang diberikan guru dengan bertanya atau mendiskusikan tugas jika belum dimengerti. SD Negeri Kusumodilagan belum memiliki instrument penilaian karakter sehingga evaluasi sikap belum dilaksanakan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kejujuran; kerja keras; kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 24 Dec 2014 12:46 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31445 |
Actions (login required)
View Item |