Pengelolaan Karakter Kejujuran Dan Kerja Keras dalam Pembelajaran Matematika Kontekstual di Sekolah Dasar Negeri Kusumodilagan

Sudharta, Nurwidi Antari and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2014) Pengelolaan Karakter Kejujuran Dan Kerja Keras dalam Pembelajaran Matematika Kontekstual di Sekolah Dasar Negeri Kusumodilagan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
B.__Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (339kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
C.__Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
D.__Bab_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
E.__Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
F.__Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
G.__Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab V)
H.__Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
I.___Daftar_Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
J.__Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)

Abstract

Tujuan penelitian yaitu mengetahui perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi karakter kejujuran dan kerja keras dalam pembelajaran matematika kontekstual di sekolah dasar negeri kusumodilagan. Jenis penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Nara sumber yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa SD Negeri Kusumodilagan. Data diperoleh dari wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisa data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan kredibility, transferability, Dependability dan konfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri Kusumodilagan masih menggunakan KTSP. RPP merupakan pedoman umum pelaksanaan pembelajaran, berisi materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, media, dan evaluasi yang digunakan, namun penyusunan RPP tidak ada perubahan dari tahun sebelumnya. Strategi untuk menanamkan karakter adalah pengajaran interaktif, cooperative, kontekstual, dan pengajaran sesama teman. Karakter kejujuran tercermin dari tingkat kecurangan siswa dalam mengerjakan tugas cukup rendah, meskipun masih ada siswa yang melakukan kecurangan. Karakter kerja keras tercermin dari usaha siswa menyelesaikan tugas yang diberikan guru dengan bertanya atau mendiskusikan tugas jika belum dimengerti. SD Negeri Kusumodilagan belum memiliki instrument penilaian karakter sehingga evaluasi sikap belum dilaksanakan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kejujuran; kerja keras; kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 24 Dec 2014 12:46
Last Modified: 20 Oct 2021 06:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31445

Actions (login required)

View Item View Item