Pengelolaan Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan di SMA Negeri I Ceper

Rahmawati, Nurul and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2014) Pengelolaan Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan di SMA Negeri I Ceper. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (152kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (467kB)
[img]
Preview
PDF (BAb I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)

Abstract

Tujuan penelitian secara umum mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran biologi berbasis lingkungan di SMA Negeri I Ceper. Secara rinci tujuan penelitian ini ada tiga, yaitu: mendeskripsikan pengelolaan materi, pengelolaan interaksi, pengelolaan evaluasi pembelajaran biologi berbasis lingkungan. Penelitian kualitatif ini menggunakan desain etnografi. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri I Ceper. Narasumber: dua guru mata pelajaran biologi, wakasek kurikulum dan siswa kelas X dan XI SMA Negeri I Ceper. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisa data dilakukan melalui tiga tahapan yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi, keabsahan data. Hasil penelitian ini, 1) materi merupakan bagian dari rencana pembelajaran yang perlu dipersiapkan, materi pembelajaran biologi beranah luas dan menarik dapat memanfaatkan lingkungan sebagai media dan sumber pembelajaran. Guru biologi di SMA Negeri I Ceper memanfaatkan lingkungan dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik mendapatkan pemahaman materi pembelajaran yang lebih rill 2) pengelolaan interkasi pembelajaran biologi berbasis lingkungan di SMA Negeri I Ceper berlangsung dalan banyak arah yaitu antara peserta didik dengan guru, peserta didik dengan lingkungan, pseserta didik dengan peserta didik lainnya, pembelajaran yang aktif membuat siswa lebih tertarik dalam kegiatan pembelajaran. Interakasi dengan lingkungan membuat peserta didik lebih terfokus. 3) evaluasi dalam pengelolaan pembelajaran biologi berbasis lingkungan di SMA Negeri I Ceper dilakukan secara menyeluruh yaitu dari awal, proses dan di akhir pembelajaran, evaluasi juga dilakukan dari semua aspek yaitu evaluasi kognitif guna mengevaluasi pemahaman materi peserta didik, evaluasi afektif guna mengevaluasi sikap peserta didik dan psikomotor guna mengevaluasi kecakapan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: materi, interaksi, evaluasi, pembelajaran berbasis lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Dec 2014 08:49
Last Modified: 20 Oct 2021 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31422

Actions (login required)

View Item View Item