Pengembangan Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD (Studi Kasus di PAUD Anak Cerdas Ungaran)

Lestari, Sri and , Dr. Eko Supriyanto, SH., M.Hum. and , Dr. Samino, M.M. (2014) Pengembangan Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD (Studi Kasus di PAUD Anak Cerdas Ungaran). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (455kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (921kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)

Abstract

Permasalahan pendidik PAUD yang perlu mendapatkan perhatian antara lain adalah masalah kualifikasi pendidikan dan kompetensi pendidik PAUD yang masih belum memenuhi persyaratan. Layanan-layanan PAUD sebagian besar dilakukan oleh tenaga pendidik dengan kualifikasi pendidikan dan kemampuan dasar yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana kompetensi pedagogik pendidik PAUD Anak Cerdas Ungaran (2) Bagaimana pengembangan kompetensi pedagogik pendidik PAUD Anak Cerdas Ungaran. Jenis penelitian ini adalah penelitan kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Subyek utama peneltian ini adalah ketua pengelola PAUD Anak Cerdas, koordinator pendidik PAUD Anak Cerdas dan pendidik PAUD Anak Cerdas Ungaran. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data dan (4) penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. PAUD Anak Cerdas yang berdiri sejak tahun 1990 telah mengalami banyak perkembangan dan prestasi serta terakreditasi oleh BAN PNF. pada saat ini mempunyai sembilan pendidik dan hasil dari penelitian ini adalah (1) Delapan pendidik Anak Cerdas berkompetensi sebagai guru dan satu pendidik berkompetensi sebagai guru pendamping. (2) Pengembangan kompetensi yang dilakukan PAUD Anak Cerdas untuk meningkatkan kompetensi pedagogik meliputi peningkatan kualifikasi pendidikan, mengikuti berbagai diklat PAUD, workshop, bintek/ortek, dan seminar tentang kePAUD-an. Peningkatan kualifikasi pendidikan pendidik ke jenjang S1 dengan memberikan beasiswa yang diakses dari pemerintah. Pengembangan kompetensi pedagogik pendidik PAUD Anak Cerdas belum memanfaatkan lembaga dan organisasi profesi pendidik secara optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: guru, guru pendamping, kompetensi pedagogik, pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Dec 2014 07:18
Last Modified: 20 Oct 2021 06:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31420

Actions (login required)

View Item View Item