Lestari, Sri and , Dr. Eko Supriyanto, SH., M.Hum. and , Dr. Samino, M.M. (2014) Pengembangan Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD (Studi Kasus di PAUD Anak Cerdas Ungaran). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (455kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (921kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (80kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
Abstract
Permasalahan pendidik PAUD yang perlu mendapatkan perhatian antara lain adalah masalah kualifikasi pendidikan dan kompetensi pendidik PAUD yang masih belum memenuhi persyaratan. Layanan-layanan PAUD sebagian besar dilakukan oleh tenaga pendidik dengan kualifikasi pendidikan dan kemampuan dasar yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana kompetensi pedagogik pendidik PAUD Anak Cerdas Ungaran (2) Bagaimana pengembangan kompetensi pedagogik pendidik PAUD Anak Cerdas Ungaran. Jenis penelitian ini adalah penelitan kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Subyek utama peneltian ini adalah ketua pengelola PAUD Anak Cerdas, koordinator pendidik PAUD Anak Cerdas dan pendidik PAUD Anak Cerdas Ungaran. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data dan (4) penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. PAUD Anak Cerdas yang berdiri sejak tahun 1990 telah mengalami banyak perkembangan dan prestasi serta terakreditasi oleh BAN PNF. pada saat ini mempunyai sembilan pendidik dan hasil dari penelitian ini adalah (1) Delapan pendidik Anak Cerdas berkompetensi sebagai guru dan satu pendidik berkompetensi sebagai guru pendamping. (2) Pengembangan kompetensi yang dilakukan PAUD Anak Cerdas untuk meningkatkan kompetensi pedagogik meliputi peningkatan kualifikasi pendidikan, mengikuti berbagai diklat PAUD, workshop, bintek/ortek, dan seminar tentang kePAUD-an. Peningkatan kualifikasi pendidikan pendidik ke jenjang S1 dengan memberikan beasiswa yang diakses dari pemerintah. Pengembangan kompetensi pedagogik pendidik PAUD Anak Cerdas belum memanfaatkan lembaga dan organisasi profesi pendidik secara optimal.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru, guru pendamping, kompetensi pedagogik, pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Dec 2014 07:18 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31420 |
Actions (login required)
View Item |